Berita


Kalender

September 2025

Mg Sn Sl Rb Km Jm Sb
1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30

Profil YPIP Surabaya


Program PPQ SMPIT Permata


Serunya Outdoor Learning SDIT Permata di Tiga Lokasi!

Serunya Outdoor Learning SDIT Permata di Tiga Lokasi

Oleh: Ayuara Temasmiko

SURABAYA – Suasana belajar di SDIT Permata Surabaya pada Kamis (6/2/2025) berbeda dari biasanya. Para siswa tidak duduk di dalam kelas seperti hari-hari biasa, melainkan mengikuti kegiatan Outdoor Learning (OL) yang digelar di tiga lokasi berbeda. Kegiatan ini menjadi bagian dari program pembelajaran yang mengusung konsep belajar langsung di alam, menyesuaikan dengan materi dalam tema pelajaran masing-masing kelas.

Kegiatan diawali dengan sesi tahfiz yang tetap berlangsung sebelum pemberangkatan. Setelah itu, seluruh siswa berkumpul di lapangan untuk mengikuti apel persiapan. Dalam apel tersebut, Khusnul Khatimah selaku Wakil Kepala Sekolah bidang Kurikulum menyampaikan pesan kepada siswa agar tetap menjaga adab dalam berbicara serta menjaga kebersihan lingkungan di mana pun mereka berada. Kebiasaan baik ini juga menjadi bagian dari penilaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL) yang selaras dengan dimensi pendidikan yang diterapkan oleh Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT).

Mengunjungi Tiga Lokasi

Outdoor Learning kali ini diikuti oleh siswa kelas satu hingga kelas tiga dengan tujuan yang berbeda-beda. Siswa kelas satu mengunjungi Kebun Binatang Surabaya (KBS) untuk mengenal lebih dekat berbagai macam hewan, ciri-ciri, serta habitatnya. Sementara itu, siswa kelas dua melakukan eksplorasi di Taman Flora Surabaya, di mana mereka belajar tentang berbagai macam pepatah dan peribahasa yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Adapun siswa kelas tiga berkesempatan mengunjungi Taman Lalu Lintas Joyoboyo untuk mengenal lebih jauh tentang rambu-rambu lalu lintas dan aturan berkendara yang baik.

Keseruan kegiatan OL ini terlihat dari antusiasme para siswa. Mereka tidak hanya berkeliling dan mengamati lingkungan sekitar, tetapi juga aktif mengerjakan lembar kerja yang telah disiapkan oleh ustaz dan ustazah sebagai bentuk refleksi pembelajaran. Qirani, salah satu siswa kelas satu, mengungkapkan kegembiraannya. “Hari ini menyenangkan sekali, bisa melihat hewan-hewan dari dekat. Meski agak capek karena jalannya jauh, tapi tetap seru!” ujarnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para siswa dapat memperoleh pengalaman belajar yang lebih menyenangkan dan bermakna. Outdoor Learning tidak hanya menjadi sarana edukasi, tetapi juga melatih kemandirian, kepekaan sosial, serta rasa syukur atas ciptaan Allah SWT yang ada di sekitar mereka.

Cari