Berita


Sambut Muharram SDIT Permata Gelar Festival Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah, Inilah Keseruannya

Sambut Muharram SDIT Permata Gelar Festival Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah, Inilah Keseruannya 

Oleh: Novita Ratna Andadari


Menyambut Muharram SDIT Permata Gelar Festival Tahun Baru Islam 1444 Hijriyah sebanyak 357 siswa sudah berkumpul memenuhi lapangan sekolah. Peringatan Muharram ini baru diselenggarakan kali ini setelah hampir dua tahun pandemi tidak diadakan.

Peringatan Muharram ini berlangsung pada Jum’at, 29 Juli 2022. Mulai pukul 07.00 siswa dan siswi sudah berdatangan menuju halaman sekolah. Atribut siswa dan siswi hingga guru dengan nuansa putih menambah semangat menyambut tahun baru Islam.


Gelaran peringatan Muharram ini bertujuan untuk mensyiarkan agama Islam kepada masyarakat sekitar. Selain itu juga untuk menanamkan nilai-nilai agama, dan akhlak mulia kepada seluruh siswa siswi SDIT Permata  dengan materi berkisah  yang disampaikan oleh ustad dan ustadza.


Rangkaian acara peringatan Muharram kali ini bervariasi, ada kegiatan pawai keliling, ada snack party serta ada berkisah tentang tema hijriyah.
Pawai keliling dimulai rute dari jalan raya menuju kampung Pakal Pejuang, seluruh siswa-siswi SDIT Permata membawa atribut poster bertuliskan “Selamat Tahun Baru Islam 1444H” dan di iringi membaca sholawat Nabi bersama-sama. 

Usai pawai keliling acara dilanjutkan dengan snack party. Seluruh siswa-siswi SDIT Permata, Ustad dan Ustadza membawa bingkisan snack yang dikemas secara unik dan menarik. Diantaranya bucket snack, Tart Snack dll. Dengan senang hati siswa-siswi berbagi dan tukar snack  kepada teman-teman, ustad  dan ustazah .

Salah satu anak juga berbahagia menyiapkan snak party sejak sehari sebelum peringatan Muharram.
“Kegiatan hari ini seru banget, karena aku bisa bagi-bagi makanan ke teman-teman, dari malam aku senang sekali membuat kreasi snack untuk peringatan tahun baru islam”, tutur Talita 4B.


Memasuki acara inti yaitu berkisah tentang tema hijrah yang disampaikan oleh Ustadza Indra Maya, Ustadza Yusti, Ustadza Rosyi. Anak-anak menyimak dengan antusias. Materi Hijriyah yang disampaikan terkait bagaimana cara anak-anak mensyukuri apa yang telah mereka miliki. 

Siswa disuguhkan beberapa video yang menampakkan betapa masih banyak anak-anak di luar sana yang tidak seberuntung mereka. Seperti anak-anak Suriah yang harus makan rumput karena susahnya mencari makanan di negaranya yang sedang terjadi konflik. Kemudian anak-anak pedalaman yang harus menyusuri sungai, menyebrangi jembatan rusak rusak yang bisa membahayakan nyawa mereka demi mendapatkan ilmu. 


Ada hikmah bahwa betapa beruntungnya mereka yang setiap hari bisa makan makanan lezat dan sehat tanpa harus susah payah mencarinya seperti anak-anak di Suriah. 
Betapa beruntungnya anak-anak kita yang setiap harinya bisa nyaman berangkat ke sekolah dengan diantar orang tuanya dengan mengendarai mobil dan sepeda motor. 

Di tahun yang baru dan semangat baru anak-anak belajar menjadi pribadi yang lebih baik. Menjadi pribadi yang pandai bersyukur dengan tidak membuang-buang makanan dan juga terus bersemangat dalam menuntut ilmu.


Nampak salah satu siswa menyampaikan kegembiraannya usai menyimak materi Hijriyah pada peringatan Muharram kali ini.
“Happy banget karena kegiatan ini belum pernah ada dan materi yg disampaikan ustazah menyadarkan kepada ku bahwa aku harus hijrah lebih baik lagi”, ujar Kanaya 6A.

Hal senada juga disampaikan oleh guru SDIT Permata, “Kegiatan hari ini seru dan mengesankan anak-anak pasca pandemi yang sebelumnya kegiatan ini belum pernah ada di SDIT Permata, Ungkap Ustadza Ima selaku wali kelas 6.


Tak hanya siswa dan siswi yang berbahagia menyambut peringatan Muharram, hal serupa juga dirasakan warga sekitar pakal pejuang antusias melihat kegiatan anak-anak SDIT Permata, ketika anak-anak membaca sholawat  ada bapak-bapak yang duduk di depan rumahnya juga mengikuti membaca sholawat.

Acara peringatan Muharram diharapkan selalu diselenggarakan setiap tahunnya dengan kemasan acara-acara yang menarik dan kekinian. Agar pesan yang ada di peringatan Muharram sampai kepada anak-anak dengan cara-cara kreatif.

“SDIT Permata keren bisa mengadakan kegiatan dalam rangka Peringatan Tahun Baru Islam pada hari ini, saya melihat di sekolah-sekolah lain itu tidak ada. Kegiatan ini sangat bagus untuk menyadarkan anak-anak makna menyambut Muharram. Dan kegiatan ini harus  selalu di peringati”, Ujar Ustadza Fika.


Mari kita bersyukur hari ini Allah izinkan kita menapaki tahun baru Islam 1444H. Semoga kita senantiasa menjadi hamba yang bersyukur dan terus berbenah menjadi guru yang mendidik dengan cinta-Nya. Bagi para orang tua terus belajar menjadi orang tua yang baik untuk anak-anak kita. Terus kuatkan sinergi antara sekolah dan orang tua untuk meraih prestasi.***

PENGUMUMAN ONLINE


PENGUMUMAN ONLINE

PPDB ONLINE


PPDB ONLINE

Kontak


Alamat :

Alamat Sekretariat Yayasan : Jl.Cacat Veteran No.41, Pakal, Kec. Pakal, Kota Surabaya Prop. Jawa Timur

Telepon :

(031) 99161694

Email :

sditpermatasby41@gmail.com

Website :

http://sitpermatasby.sch.id

Media Sosial :

Media Sosial SDIT


Media Sosial SDIT

Media Sosial TK / TPAM


Media Sosial TK / TPAM