Berita


Tanamkan Cinta Al Quran, Sekolah Islam Terpadu Permata Surabaya Gelar Super Camp Quran, Begini Keseruannya

Tanamkan Cinta Al Quran, Sekolah Islam Terpadu Permata Surabaya Gelar Super Camp Quran, Begini Keseruannya
Oleh: Novita Ratna Andadari



Menanamkan anak cinta Al Quran memerlukan proses kreatif, tak hanya sekedar menargetkan menghafal sekian juz, namun pondasinya adalah bagaimana Al Quran selalu di hati mereka dan menjadi nilai-nilai yang terwujud dalam perilaku sehari-harinya.

Sekolah Islam Terpadu Permata di bulan Pahlawan ini menggelar Super Camp Quran yang dilaksanakan selama dua hari yaitu Jumat dan Sabtu, 18 hingga 19 November 2022. Berlokasi di area Taman Cahaya Kecamatan Pakal Surabaya dengan kepesertaan antara lain kelas 1-6 berjumlah 357 siswa dan 40 santriwan santriwati dari  kelas 7-8 SMPIT Permata. Yang membedakan adalah kelas 1-3 hanya mengikuti kegiatan sampai pukul  13.00 WIB, sedangkan kelas atas 4-6 dilanjut bermalam Camp di sekolah dengan nuansa ke-Pramukaan.

Kegiatan ini merupakan kegiatan yang menjadi sebuah trobosan baru untuk mengajak para siswa agar lebih cinta dan termotivasi untuk menghafal Al Quran. Dengan kegiatan yang bertajuk pahlawan Quran, maka yang namanya pahlawan akan siap menerjang dan melawan segala rintangan dan tantangan yang ada di depan mata.

Mengambil tema Pahlawan Quran maka di dalam kegiatannya juga tidak lepas dari nilai-nilai kecintaan terhadap Al Quran. Diantara kegiatannya yaitu para murid menyelesaikan tantangan dari ustad dan ustaza dengan memyetorkan hafalan 3 baris tiap sesinya, yang terdiri dari 5 sesi. Tidak hanya itu, para murid juga diajak untuk melakukan fun game bersama ustaza, salah satu gamesnya adalah menebak rasa asam, pahit, manis, asin, serta tebak gambar pahlawan dan tebak gerakan bersama kelompoknya. Dan itu cukup memberikan sebuah pelajaran ke para murid bahwasannya dalam suatu rintangan dan tantangan kita harus menuntaskan bersama-sama dan saling percaya.


Kegiatan pembukaan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) di SDIT Permata di hadiri oleh tokoh dari wilayah Pakal yaitu Bapak Asim Ketua Satpol Pamong Praja Kecamatan Pakal Surabaya Barat, beliau menyampaikan pesan kepada seluruh siswa-siswi SDIT Permata dan SMPIT Permata bahwa, “Sebagai seorang pelajar agar bisa menerapkan nilai-nilai Tri satya dan Dasa Darma Pramuka dalam kehidupan sehari-hari.”

Mengawali kegiatan Super Camp Quran ini diisi dengan Apel Pagi. Kegiatan ini dilakukan oleh seluruh siswa-siswi kelas 4-6 SDIT Permata, sebelum kegiatan dimulai seluruh ustad dan ustaza akan melakukan pengecekan baik seragam dan kelengkapan perkemahan. Diantara jenisnya yaitu tenda, tikar, alat kebersihan, senter dll.

Seusai Apel Pagi dilanjutkan dengan motivasi Al Quran yang diberikan di awal pembukaan kegiatan Perjusa karena di moment kali ini mengangkat tema tentang pahlawan Quran agar anak-anak semakin cinta dan dekat dengan kitab sucinya.


Acara inti yang juga membuat siswa dan siswi antusias adalah Tahfiz Time. Yaitu kegiatan setoran hafalan Al Quran.  Selama kegiatan perjusa ini di bagi menjadi 5 sesi, sesi pertama setiap siswa harus menyetorkan 3 baris dalam waktu 30 menit. Lokasi menghafal pun di pilih sesuai dengan kesepakatan anak didik bersama pendampingnya agar menghafal semakin nikmat dan asyik.

Tak hanya menghafal Quran yang menyenangkan, acara juga diselipi dengan fun game antara lain menaksir tinggi pohon, cerdas cermat islam, puzzle foto pahlwan, tebak rasa bumbu dapur,  lari zigzag dll

Selain berkemah, keseruan berikutnya  dalam rangkain acara Super Camp Quran kali ini antara lain disajikan Pentas Seni pada malam harinya, yaitu masing-masing regu menampilkan bakat siswa diantaranya, puisi, drama, stand up comedy, sholawatan, bela diri, nasyid dll. Kuliner malam juga menjadi booster peserta dengan menghadirkan gerobak pedagang kaki lima dengan aneka menu makanan.

Acara menarik berikutnya yang dikemas kekinian yaitu Podcast Al Quran. Menghadirkan narasumber 4 musrif (pendamping pesantren) dari SMPIT Permata. Dengan usia yang sangat muda, beliau hafiz Al Quran 30 Juz. Musrif menyampaikan kepada seluruh siswa bahwa menghafal Al Quran itu tidak ada ruginya. Justru Allah yang akan memberikan balasan dengan sebaik-baiknya.

Puncak acara malam harinya adalah api unggun. Kegiatan malam renungan ini dilaksanakan untuk menumbuhkan semangat siswa-siswi terhadap Al Quran serta menguatkan kembali hubungan antar sesama teman.  Sholat qiyamul lail (sholat malam) menjadi menu istimewa usai puncak api unggun yang dilaksanakan pada pukul 03.00 WIB dan di ikuti oleh seluruh siswa kelas 4-6 serta santriwan santriwati SMPIT Permata.

Keesokan harinya usai subuh semua peserta Super Camp Quran menyimak tausiyah kajian subuh dengan tema sejarah Nabi Musa dan Nabi Harun yang disampaikan oleh ustad Bayhaqi.


Acara Super Camp Quran ditutup dengan Jumat berkah, kegiatan ini dilaksanakan di depan jalan raya Taman Cahaya. Masing-masing siswa dan siswi memberikan 1 kotak nasi kepada para pengendara motor dan mobil yang melintasi jalan. Melatih kepedulian dengan sesama menjadi tujuan dari acara Jumat berkah kali ini.*

 Caption foto: Tanamkan Cinta Al Quran, Sekolah Islam Terpadu Permata Surabaya Gelar Super Camp Quran, Begini Keseruannya.

PENGUMUMAN ONLINE


PENGUMUMAN ONLINE

PPDB ONLINE


PPDB ONLINE

Kontak


Alamat :

Alamat Sekretariat Yayasan : Jl.Cacat Veteran No.41, Pakal, Kec. Pakal, Kota Surabaya Prop. Jawa Timur

Telepon :

(031) 99161694

Email :

sditpermatasby41@gmail.com

Website :

http://sitpermatasby.sch.id

Media Sosial :

Media Sosial SDIT


Media Sosial SDIT

Media Sosial TK / TPAM


Media Sosial TK / TPAM